top of page

Waktu dan Cara Terbaik Dalam Pemberian Pakan Ternak Lele


Banyak faktor yang menjadi aspek keberhasilan ternak lele seperti, kualitas bibit, management air, pengendalian penyakit, dan yang tidak kalah penting adalah dalam pemberian pakan dalam ternak lele.

pemberian pakan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan, pemerataan pertumbuhan ikan dan juga tingkat kematian. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberi pakan ternak lele.

1. Pemberian pakan harus terjadwal dan di berikan secara teratur

Pemberian pakan lele sebaiknya dilakukan secara teratur. Lakukan pemberian pakan pada ternak lele sedikitnya 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pemberian pakan sebaiknya jangan diberikan sebelum jam 9. Karena lele yang diberikan pakan terlalu pagi dapat terserang radang insang yang bisa berefek pada kematian. Pada pagi hari dapat diberikan pada jam 10, siang hari pada jam 1 atau 2, sore hari pada jam 4 atau 5, malam hari jam 8 atau 9. Namun yang perlu diketahui lele akan lebih aktif pada malam hari sehingga pemberian pakan pada malam hari biasanya akan lebih rakus sebaiknya pemberian pakan pada malam hari di tambah jumlahnya.

2. Sesuaikan ukuran pelet dengan ukuran lele

Lele harus diberikan pakan sesuai dengan masa pertumbuhannya. Berikan pelet yang sesuai dengan ukurannya dan naikan secara bertahap seiring dengan pertumbuhan lele. Dipasaran sudah banyak yang menyediakan pelet lele untuk berbagai macam ukuran.

3. Basahi pelet agar mengembang

Lele termasuk jenis ikan yang rakus dan doyan makan. Untuk menghindari terlalu banyak makanan yang masuk ke perutnya, lembabkan pelet dengan cara diperciki air atau basahi pelet dengan air secara merata kemudian diamkan beberapa menit agar volume pelet mengembang. Lele akan makan jumlah pelet lebih banyak dalam kondisi pelet ditebar kering dibandingkan jika pelet dibasahi air terlebih dahulu.

Pelet kering ini nantinya akan mengembang di dalam perut ikan lele, sehingga perut lele menjadi sesak dan dapat mengganggu kesehatan lele sampai timbulnya kematian. Ikan yang kekenyangan salah satu indikatornya adalah menggantung diam dalam posisi miring di bawah permukaan air.

4. Berikan probiotik

Selain di basahi dengan air pakan juga sebaiknya diberikan probiotik guna menjaga kualitas air dan mnguraikan sisa-sisa bahan organik dalam kolam sehingga tidak mengganggu kesehatan ikan.

5. Pemberian pakan dilakukan secukupnya

Pemberian makan dilakukan dengan penebaran secara berangsur-angsur, jangan sekali masuk atau lempar ke dalam kolam. Sekiranya ikan terlihat tidak bernafsu lagi mengejar makanan, penebaran pakan segera dihentikan. Ini dilakukan untuk menghindari banyaknya pelet tersisa yang akan tenggelam di dasar kolam yang dapat mempengaruhi kualitas air kolam. Terlebih lagi pemberian pakan tambahan yang sifatnya langsung tenggelam ke dasar kolam seperti bekicot dan keong. Air kolam yang terlalu banyak tersisa pakan ikan akan turun kualitasnya secara drastis. Sisa makanan mengakibatkan perubahan pH pada air karena membuat air bersifat asam.

6. Tebarkan secara merata

Tebarkan pakan secara merata, terutama untuk kolam dengan tingkat kepadatan tinggi. Kepadatan kolam yang tinggi akan menyulitkan ikan bergerak menggapai pakan, dengan tebar secara merata diharapkan semua ikan mendapatkan jatah makanannya. Penebaran yang tidak merata menyebabkan banyaknya ikan lele yang memiliki ukuran terlalu jauh berbeda.

7. Kondisi kolam harus tetap tenang

Setelah pemberian pakan, jaga kondisi kolam tetap tenang agar pakan tidak dimuntahkan keluar kembali oleh ikan. Hindari aktivitas mengejutkan yang dapat mengganggu acara pencernaan makanan oleh ikan seperti penggantian air, melemparkan sesuatu dengan keras ke dalam kolam seperti penaburan kapur atau garam, atau memasukkan jaring untuk menangkap beberapa ikan dalam kolam.

Itulah beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat!

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page