top of page

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Budidaya Ikan Lele


Buudidaya Ikan lele merupakan usaha yang cukup menggiurkan jika dilakukan dengan management yang baik dan teknik yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya lele.

1. Management Air

Management air dalam budidaya ikan air tawar khususnya lele merupakan salah satu faktor penting yang perlu untuk diperhatikan. Karena jika management air tidak dilakukan dengan baik maka dapat timbul berbagai macam penyakit yang berakibat pada terganggunya pertumbuhan lele bahkan menyebabkan kematian. Air yang baik untuk budidaya ikan lele adalah tidak berbau, tidak berbusa, PH air 7-8, bebas dari ammonia.

2. Pemilihan Bibit Lele

Pemilihan bibit lele juga merupakan faktor penting dalam usaha budidaya lele. Kualitas bibit yang buruk akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ikan yang akan diproduksi. Tidak sedikit peternak yang baru terjun dalam usaha budidaya gagal karena pemilihan bibit tidak dilakukan dengan baik. Ciri bibit mempunyai kualitas yang baik adalah bentuk tubuh yang proposional (ukuran kepala dan badan seimbang), tidak luka, berwarna mengkilap, gerakannya lincah dan aktif bergerak, dan tidak menggantung.

3. Pemberian Pakan yang Teratur

Pemberian pakan yang teratur harus dilakukan agar ikan dapat tumbuh secara optimal. Pemberian pakan yang tidak teratur dan dengan jumlah pemberian pakan yang tidak sesuai dengan pertumbuhan akan membuat lele saling memakan satu sama lain atau kanibal. Pemberian pakan yang baik setidaknya 3 kali dalam sehari dan jumlah yang diberikan harus sesuai dengan pertumbuhannya. Semakin besar ikan maka pemberian pakan pun harus ditambah tetapi pemberian pakan juga tidak boleh berlebihan karena pakan yang tersisa akan membuat air mengandung ammonia

Itulah beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat!

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page